One Indonesia: Art of Healing

PPI Rotterdam

2 Agustus 2021

Perhimpunan Pelajar di Rotterdam atau yang lebih dekat dikenal dengan PPI Rotterdam mengadakan acara tahunannya berjudul One Indonesia 2021. One Indonesia terdiri dari tiga acara, memberikan ruang bagi para pelajar Indonesia untuk mengekspresikan dirinya sendiri melalui medium intelektual (Hatta Debate), turnamen olah raga (Hatta Cup) dan pentas seni (Hatta Arts).

In honour of Erasmus University Rotterdam's most prominent Indonesian alumnus, we continued the tradition of naming the events in the program after Mohammad Hatta, one of Indonesia’s founding fathers.
Hatta Cup 2021: Reviving the Warrior Spirit

Hatta Cup adalah kompetisi olah raga yang diadakan setiap tahunnya, ditujukan untuk muda/I Indonesia di Belanda. Hatta Cup tahun ini mengangkat tema “Reviving the Warrior Spirit” sebagai sarana untuk mempromosikan salah satu kultur Indonesia, Wayang, dan juga mengajarkan karakter – karakter penting yang ditampilkan oleh Wayang. Adapun kompetisi olah raga yang di pertandingkan adalah E-Sports (Mobile Legend, PUBG, Valorant dan catur), Futsal dan Voli
Dikarenakan COVID-19 pandemi, Hatta Cup tahun ini adalah kompetisi olahraga pertama dalam bentuk hybrid yang diadakan oleh PPI Rotterdam. Untuk kompetisi e-sports, kompetisi tersebut diadakan pada tanggal 16 Mei 2021 dan 23 Mei 2021 sedangkan futsal dan voli diadakan tanggal 22 Mei 2021. Peserta yang berpartisipasi dalam Hatta Cup 2021 adalah PPI kota di Belanda dan PPI kota dari negara tetangga. Hal ini menunjukkan bahwa ajang kompetisi olah raga ini tidak hanya menarik perhatian pelajar Indonesia di Belanda melainkan juga pelajar Indonesia di negara tetangga.
Dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah Belanda, kurang lebih 88 peserta dan penonton hadir di lokasi pertandingan futsal dan voli. Atase pendidikan dan budaya KBRI Den Haag serta duta besar RI untuk Kerajaan Belanda juga hadir untuk memeriahkan pertandingan yang sedang berlangsung. Perlombaan e-sport pun juga di ramaikan oleh kurang lebih 30 penonton yang hadir dalam livestream dan pertandingan futsal dan voli di tonton oleh kurang lebih 250 penonton di Youtube Live dan 400 penonton di IG Live.
.
Hatta Debate 2021: Motion to Heal
Hatta Debate adalah kompetisi debat annual, bagian dari One Indonesia. Untuk pertama kalinya, kompetisi debat dilaksanakan virtual dikarenakan situasi pandemi yang belum usai. Namun, virtual kompetisi ini membuka peluang bagi pelajar Indonesia di Indonesia dan negara lain untuk berpartisipasi dalam kompetisi debat yang di selenggarakan oleh PPI Rotterdam new
The struggle against the pandemic for more than a year has exposed the fragility of Indonesia’s development and underlined how the issues that the country faces are multifaceted in nature. Doubts loom over how Indonesia’s health, politics, environment, and technological advancement could bring the country back to recovery. “Motion to Heal” emphasizes the need for discussions from various perspectives With this, the importance of discussion and perspective would be vital for Indonesia to heal and stems from our believe that with the spirit of Indonesia’s young generation, optimism can be aroused to overcome the current situation caused by the pandemic and make Indonesia a stronger country.
Partisipan yang mendaftar untuk memeriahkan acara Hatta Debate 2021 bukan hanya pelajar Indonesia di Belanda melainkan juga pelajar Indonesia di Indonesia seperti Pelajar Indonesia dari Institut Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya dan Universitas Indonesia (UI) di depok. Secara keseluruhan, 4 team mendaftar untuk berpartisipasi dalam acara Hatta Debate 2021: Motion to Heal. The participants for Hatta Debate 2021: Motion to Heal was also not only consisted of Indonesian students in the Netherlands only, but also Indonesian students in Indonesia—one student is from Sepuluh Nopember Institute of Technology / ITS, Surabaya and two students is from University of Indonesia, Depok. In total, there were 4 teams participating in Hatta Debate 2021: Motion to Heal.
Acara ini berlangsung selama 2 hari (22 Mei 2021 – 23 Mei 2021) dan acara hari kedua yang merupakan perlombaan final disiarkan online (livestream). Livestream tersebut disiarkan di Youtube channel PPI Rotterdam dan ditonton oleh kurang lebih 160 penonton.

Hatta Arts 2021: Seeking Serenity
Hatta Arts 2021 adalah pentas seni bertujuan sebagai wadah bagi pelajar Indonesia di Belanda untuk menyalurkan kegemaran mereka dalam konteks seni dan kultur. Acara ini juga ditunjukkan untuk memperkenalkan dan mempromosikan seni dan kultur Indonesia ke mancanegara, terutama Eropa serta memperkuat hubungan antara pelajar Indonesia di Belanda.
Tema Hatta Arts 2021 adalah Seeking Serenity. Melalui pentas seni music dan tari, virtual exhibition, film dokumentari dan workshop eksklusive, para pentonton diharapkan untuk bisa merasakan perjalanankan yang harus smua orang jalani dikarenakan global pandemik, COVID-19. Hatta Arts 2021 juga mengajak para penonton untuk merefleksikan momen momen mereka sebelum pandemic hingga sekarang dengan ketabahan dan keikhlasan. Acara ini juga diharapkan dapat memberi hiburan bagi semua orang dikala masa sulit ini.

Acara Hatta Arts 2021: Seeking Serenity adalah puncak acara One Indonesia 2021. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 2021 dan ditanyangkan melalui akun Youtube PPI Rotterdam. Pada tanggal yang sama, virtual exhibition juga dibuka untuk public dimana banyak foto dan karya seni ditampilkan. Virtual exhibition ini dibagi dalam beberapa kategori dimana setiap kategori menceritakan tentang different mental stages of the spread of Covid-19 that all of us experienced, started from denial to acceptance of the situation.

Di hari yang sama, diselenggarakan juga workshop offline oleh Aafke de Jong dimana para peserta diajak untuk melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Para perserta diajak untuk melihat lingkungan sekitar mereka dan kemudian dituangkan dalam bentuk gambar. Secara keseluruhan, 8 peserta mengikuti workshop tersebut.

Di siang menjelang sore hari, pentas seni yang ditayangkan di Youtube channel PPI Rotterdam di mulai. Para performers bergabung di Erasmus Pavilijoen untuk menampilkan tarian (tradisional dan modern) dan bakat musikknya. Para performers merupakan pelajar Indonesia yang datang dari berbagai kota di Belanda dan juga Family Ubur-Ubur serta Bara JP. Acara tersebut ditutup dengan penampilan dari Didik Ninik Thowok dengan tarian Indonesia tradisional dan Kurosuke dengan lagu Indonesianya. 964 penoton menyaksikan acara tersebut melalui Youtube Channel PPI Rotterdam.
Acara One Indonesia 2021 telah menjadi acara yang sukses dikala masa sulit pandemic COVID-19. Melalui acara tersebut, PPI Rotterdam ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar bersarnya kepada KBRI, para sponsor dan media partner serta seluruh pelajar Indonesia di Belanda dan diluar Belanda yang telah membantu menyukseskan acara ini. Sampai jumpa di One Indonesia 2022!