Indelftnesia 2021

PPI Delft

8 Agustus 2021

InDelftnesia merupakan acara seni dan budaya tahunan terbesar yang diadakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Delft. Acara ini menjadi acara tahunan yang dimulai pada tahun 2009, dengan nama malam Indonesia.

Tahun ini, beberapa tantangan situasi Corona dan pengurangan jumlah mahasiswa Indonesia di Delft menginspirasi kami untuk inovatif dan kreatif dalam memikirkan kembali pendekatan baru untuk InDelftnesia. Bukan lagi membawakan kegiatan dan acara ke sebuah lokasi di Delft, namun kali ini membuka potensi melalui kegiatan online.

Kami menyadari bahwa makanan Indonesia memiliki potensi terbesar untuk memberikan kehangatan dalam situasi seperti ini, terutama selama penguncian, jarak sosial, atau perilaku baru lainnya dalam situasi pandemi Corona. Oleh karena itu, setelah melalui beberapa proses kreatif, kami memilih "Soto van Indonesië" sebagai tema inDelftnesia 2021. Dengan tema ini, kami percaya bahwa dengan mengungkap cerita tersembunyi di balik keaslian soto, dapat mengungkap keindahan budaya Indonesia bersama dengan keanekaragaman rempah-rempahnya.

Fokus utama dari inDelftnesia 2021 adalah Soto, Story, People. Ketiga fokus ini kami bawa dalam beberapa rangkaian acara, seperti One Story per Month (Instagram post), Soto Challenge, Webinar, Cooking Workshop, dan Online Exhibition. Rangkaian acara ini dibuat bertujuan untuk mengundang warga Indonesia dan internasional untuk berpartisipasi dalam perjalanan Soto kami.

Melalui Soto Challenge, kami sangat antusias untuk menyaksikan hangatnya kebersamaan memasak Soto di dapur para peserta di saat lockdown di liburan musim dingin. Selain itu, dengan berbagi media sosial dari acara ini, kami juga menemukan bahwa orang-orang membagikan cinta dan dukungan mereka melalui 'suka' dan 'komentar' mereka. Oleh karena itu, kami menyadari bahwa memasak dan berbagi yang sederhana secara tak terduga dapat memberikan banyak kebahagiaan dalam kondisi apapun.
Dengan memahami kompleksitas rempah-rempah dari Soto, kami bertanya-tanya bagaimana sebenarnya kondisi pertanian Indonesia dan bagaimana kami sebagai mahasiswa Indonesia di Delft dapat berkontribusi melalui keahlian kami, terutama di bidang sains dan teknologi. "Pertanian Indonesia Dari Lokal ke Global" dipilih sebagai tema untuk membahas keselarasan antara pertanian Indonesia dan keahlian kami untuk mempromosikan kompetensinya. Diskusi melalui webinar ini mencakup kondisi, tantangan, dan potensi terkini serta dijabarkan dalam tiga perspektif dari pemerintah, akademisi, dan profesional. Kemudian, dengan memperdalam pemahaman kita tentang pertanian, apresiasi budaya kita akan menjadi jauh lebih dalam karena pertanian rempah-rempah yang beragam memiliki pengaruh besar pada kekayaan cita rasa makanan Indonesia.

Bagaimana cara menghadirkan cita rasa Soto Indonesia yang sesungguhnya? Workshop memasak mungkin menjadi jawaban di inDelftnesia. Melalui memasak, pengalaman mencicipi menjadi lebih bermakna seiring kesadaran akan perjalanan di balik keaslian makanan terangkat. Acara ini berkolaborasi dengan X TU Delft. Dalam acara ini, kami mengundang 25 peserta internasional untuk melakukan workshop memasak Soto Lamongan dengan menyediakan bahan-bahan paket lengkap dan booklet cara memasak. Dengan ini, kami bertujuan untuk memperkenalkan mereka pada rahasia di balik kekayaan rasa Soto, yaitu beragam rempah-rempah yang menjadi bahan Soto. Selain itu, acara ini juga dibintangi oleh chef bersertifikat dari Delft untuk menjamin asal rasanya. Dalam waktu kurang lebih 2 jam memasak bersama secara online, kami berhasil membawa budaya Indonesia kita ke mancanegara.

Selain menerbitkan postingan informasi mengenai Soto dan Indonesia melalui One Story per Month, kami juga merilis pameran virtual Soto 3D. Acara ini menjadi terobosan inovasi kami setelah trial and error, dimulai dari konseptualisasi, proses, sampai operasi. Di sini penonton disuguhkan dengan sejarah soto, keanekaragaman soto, bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat soto, serta hasil foto Soto Challenge. Di akhir pameran, panitia mengajak peserta untuk merasakan pasar tradisional Jawa. Selain itu, panitia memberikan dua kuis tentang Soto melalui situs InDelftnesia 2021.
Banyak sekali tantangan yang kami lalui dalam melaksanakan acara virtual di masa pandemi. Namun, berkat tanggapan positif dari berbagai pihak, kami mampu mengubah ide inDelftnesia 2021 dari angan-angan menjadi nyata. Kami berharap acara ini dapat menjadi inspirasi untuk teman-teman Indonesia untuk terus berkarya di manapun juga.