Groenscup 2021

PPI Groningen

May 2021

Pada tanggal 29-30 Mei 2021 kemarin, setelah hiatus selama satu tahun, PPI GRONINGEN kembali melaksanakan GROENSCUP XX. GROENSCUP merupakan ajang kompetisi olahraga terbesar untuk mahasiswa/warga negara Indonesia di Eropa.

Karena regulasi Covid-19 yang masih diberlakukan di Belanda, kali ini pengurus merubah konsep acara menjadi ajang kompetisi esports. Olahraga esports yang ditandingkan meliputi PUBG Mobile, Catur, FIFA ‘21, Mobile Legends dan Among Us.

Berbeda dengan GROENSCUP edisi sebelumnya, edisi yang ke-20 dilaksanakan secara virtual. Dengan adanya konsep baru ini GROENSCUP dapat mengundang 150 peserta, pelajar Indonesia, dari delapan negara domisili termasuk Jepang, Mesir, Jordan, Jepang Australia dan Amerika Serikat, negara-negara yang biasanya tidak dapat ikut berpartisipasi dalam ajang GROENSCUP. Pembukaan acara tahun ini dilaksanakan melalui platform Zoom dan dimeriahkan oleh dua MC, Razi dan Rauf. Dengan semangat, mereka membuka acara pada Sabtu pagi dengan humor dan gurauan yang berhasil membuat candaan dan tawa untuk menggugah semangat para peserta yang hadir. Acara pembuka turut dibuka oleh Bapak Din Wahid sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag dan dimeriahkan oleh tarian Lathi yang dipersembahkan oleh perwakilan Divisi Seni Budaya PPI Groningen.

Setelah acara pembukaan selesai, cabang olahraga Catur, FIFA (Solo dan Ganda) dan Mobile Legends turut dimulai. Walau para peserta terletak di berbeda-beda negara dan zona waktu, lomba dimulai pada tepat waktu. Di hari pertama, dilaksanakan tiga cabang olahraga terlebih dahulu. Cabang olahraga catur dilaksanakan menggunakan laman online Chess.com dan menggunakan platform Discord untuk komunikasi antar peserta. Karena rasa semangat yang sangat kuat, satu peserta Catur rela bangun jam tiga pagi karena beliau yang sedang melakukan jenjang studi di Amerika Serikat. Tidak hanya panitia esports yang sangat sibuk, panitia konsumsi dan bazaar sibuk menyiapkan hidangan bazaar seperti Ayam Bon Chon, Burger dan Es Buah. Para panitia dengan sangat ahli menggunakan talenta mereka, memasak hidangan tersebut yang akan dikirim ke para pemesan di area sekitar kota Groningen. Hari pertama ditutup dengan selesai nya babak semifinal Mobile Legends.

Hari kedua dimulai dengan cabang olahraga PUBGM. Keberlangsungan perlombaan PUBGM dapat di tonton di platform Youtube dengan bantuan media partner, PUBGM EU. Orang-orang dengan antusias menonton perlombaan PUBGM yang berlangsung selama kurang lebih lima jam. Tidak lupa, caster kita dari PUBGM EU menambahkan candaan dan guronan yang membuat keberlangsungan nya acara lebih menarik. Untuk cabang olahraga Mobile Legends, babak final dapat disaksikan secara live dibantu oleh dua komentator dari Rotterdam. Cabang olahraga terakhir yang dilaksanakan adalah Among Us, dimana hampir semua peserta adalah pelajar dan anggota PPI Groningen. Walaupun singkat, perlombaan Among Us berjalan dengan seru dimana para peserta saling tuduh menuduh satu sama lain untuk mengetahui Impostor yang sebenarnya. Acara GROENSCUP ditutup dengan pengumuman pemenang dan performance band yang ditampilkan oleh band Aletta.