Berani by Ade P. Darum SiK, MBA

PPI Maastricht

8 Agustus 2021

Be.ra.ni mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya, kesulitan dan sebagainya; tidak takut (gentar, kecut) - KBBI

Dapat menikmati proses belajar di kampus tingkat dunia merupakan sebuah kemewahan yang tidak semua orang Indonesia dapat mencicipinya. Belajar dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap, professor yang sangat berpegang teguh pada kaidah Pendidikan, dan interaksi dengan mahasiswa dari negara lainnya banyak memberikan saya perspektif yang lebih lebar tentang banyak hal. Saya termasuk termasuk orang yang percaya bahwa setiap orang memilki kesempatan yang sama yang berbeda adalah ”Privilege” dan ‘’Usaha” untuk menggapai apa yang dicita-citakan terlepas dari semua perangkat kemampuan yang kita miliki.

Terlepas dari “Hak Istimewa” yang dimiliki ataupun yang tidak kita miliki, ada satu hal mendasar untuk kita berani melangkah satu langkah lebih jauh dari semua alas an yang mencengkram kaki kita untuk maju. Alasan mendasar ini adalah kebranian untuk mencoba dan keluar dari zona nyaman.
Saya ingin berbagi 2 (Dua) fakta terkait dengan bagaimana kita melihat diri sendiri, bagaimana kita melihat kemampuan orang lain yang manjadikan kita enggan mencoba dan maju untuk melanjutkan sekolah di luar negri dengan semua fasilitas yang telah saya sebutkan sebelumnya.
1. Kamu tidak se-cupu yang kamu kira
2. Orang lain nggak sehebat yang kamu pikir

Nyatanya Mereka tahu sebagian yang kita tidak tahu dan Kita tahu sebagian yang Mereka tidak tahu. Kita tidak akan pernah tahu batasan ini sampai kita berani mencoba. Sering kita berfikir bahwa orang lain lebih hebat dan lebih mampu dari kita untuk sekolah di luar negri padahal pada kenyataanya tidak relevant dan seakurat itu. Mungkin kamu sedikit tertinggal dari mereka yang berani melangkah melanjutkan sekolah ke luar negri tapi percayalah kamu tertinggal tidak sejauh itu dan kamu masih sangat bisa mengejar, ingat kita memiliki kesempatan yang sama yang perlu kita imbagi dengan usaha yang lebih Ketika kita tidak memiliki hak istimewa untuk pendidikan bertaraf internasional di luar negri.

Di artikel selanjutnya saya akan banyak mengulas tentang langkah langkah dan usaha extra apa saja yang harus kita siapkan untuk berani melanjutkan sekolah satu tingkat lebih tinggi. Di sisi lain saya akan menampilkan hasil reset para pejalar Indonesia di Belanda, sehingga dapat memperkaya penulisan tugas akhir dengan topik yang sesuai dengan peminatan.